Belajar Mencintai Kearifan Lokal dari Film KKN di Desa Penari

Kamis, 19 Mei 2022 - 17:58 WIB
loading...
Belajar Mencintai Kearifan Lokal dari Film KKN di Desa Penari
Banyak kisah menarik yang disajikan dalam film KKN di Desa Penari ini, salah satunya adalah penghormatan terhadap kearifan lokal. / Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Film KKN di Desa Penari, yang saat ini masih tayang di bioskop, diangkat dari kisah tentang sekelompok mahasiswa yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di salah satu desa di Jawa Timur.

Banyak kisah menarik yangdisajikan dalam film ini, salah satunya adalah penghormatan terhadap kearifan lokal .

Juru Bicara Partai Perindo, Ike Suharjo mengatakan, terlepas dari cerita ini fiksi maupun nonfiksi, dia sangat menikmati setiap adegan yang dimainkan para pemerannya.

Baca juga: Mitos Kupu-Kupu Masuk Rumah, Dipercaya Datangkan Tamu hingga Kabar Buruk

Menurutnya, salah satu pembelajaran yang bisa diambil dari film ini adalah bagaimana caranya mencintai kearifan lokal.

Dia sangat miris dengan anak muda sekarang yang melek teknologi namun menyepelekan kearifan lokal. Misalnya saat mengunjungi suatu tempat, mereka melanggar aturan adat setempat.

"Saya orang yang sangat percaya dengan budaya setempat. Saya juga menghargaI, sebab bila dipikir lagi, itu cara mereka melindungi alam," ujar mantan jurnalis televisi itu dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Di Balik Cerita KKN di Desa Penari, Ada Kearifan Lokal yang Harus Dijaga di kanal YouTube Partai Perindo, Kamis (19/5/2022).

Ike menuturkan, ada salah satu kejadian yang pernah dialami keluarganya. Kala itu, dia dan keluarga sedang berkunjung ke suatu daerah untuk berziarah.

Ada beberapa saudaranya yang tidak percaya dan menertawakan adat setempat. Ada pula yang sempat buang air kecil sembarangan. Ketika jalan pulang lewat jalan tol, satu mobil kecelakaan.

"Nah, yang kayak gitu. Makanya kalau misalnya enggak percaya, jangan ditantang, simpan aja dalam hati, enggak usah diucapkan," tutur Ike.

Sebagai negara dengan 34 provinsi, setiap daerah di Indonesia memiliki kearifan lokal yang beragam. Ike berharap lewat film ini bisa memberikan pelajaran kepada masyarakat untuk mengetahui kearifan lokal.

Baca juga: Doddy Sudrajat Kepergok Lempar Sampah Sembarangan, Banjir Kecaman

"Dengan kearifan lokal ini kita jadi tahu sopan santun, menghargai, dan menghormati adat dan budaya di suatu tempat. Dengan begitu kita jadi memfilter budaya asing yang masuk dan memiliki kecintaan yang lebih dalam pada kearifan lokal negara kita," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0953 seconds (0.1#10.140)